Persyaratan Pendaftaran Peserta Didik Baru

 

  1. Berasal dari SMP/MTs Negeri dan Swasta Sederajat di seluruh Indonesia.
  2. Calon pendaftar untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah siswa yang berstatus aktif di kelas IX (Sembilan) dan terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional T.P. 2017/2018.
  3. Pendaftar wajib memiliki NISN sesuai yang terdaftar di laman http://nisn.data.kemdikbud.go.id atau di data PDSP, apabila tidak mengisi NISN dengan benar maka panitia berhak membatalkan seluruh pendaftarannya.
  4. Mempersiapkan terlebih dahulu data berupa Fotocopy (Ijazah SD, NISN bukan NIS/NIPD ambil dari nisn.data.kemdikbud.go.id, Kartu Keluarga, Akte Lahir, Rapor, Surat Penghasilan Orangtua, Bukti Prestasi Jika Ada, Surat Dokter - Lihat Nomor 9.a, Surat Bantuan - Lihat Nomor 9.b dan 9.c), Seluruh data yang di isi wajib ada bukti otentiknya.
  5. Mengisi formulir online pada website ini secara lengkap sesuai bukti data yang dimiliki pada menu PENDAFTARAN ONLINE, Sebelum mendaftar online siapkan terlebih dahulu semua persyaratan yang diminta.
  6. Pada waktu mengisi form ONLINE wajib upload foto 3x4cm berwarna, berseragam asal sekolah, besar pixel foto 300px, besar file maksimal 100kb, nama file foto diganti sesuai dengan NISN, contoh : 0199342211.jpg, Jika pada formulir verifikasi dan kartu ujian foto anda tidak muncul, berarti belum memenuhi syarat untuk pendaftaran, pastikan nama file foto sudah dirubah dan sesuaikan dengan aturan yang ada.
  7. Sehat Jasmani dan Rohani
  8. Bagi calon pendaftar yang memiliki prestasi di tingkat Nasional (Peraih Medali) maka seleksi hanya mengikuti Tes Wawancara dan Psikotest.
  9. Upload surat keterangan :
    1. Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah yang meliputi (tinggi, berat, cacat dan penyakit akut serta tensi darah, tidak buta warna, bebas narkoba) dan tecantum pada surat tersebut secara medis diijinkan untuk melaksanakan tes kesamaptaan jasmani yang meliputi Samapta A (Lari 12 Menit) Samapta B (Push Up, Sit Up, Pull Up, Shuttle Run), (Apabila surat tersebut 2 lembar, silahkan gabung 2 lembar menjadi satu dokumen, Contoh 1 file pdf didalamnya 2 halaman dokumen), Ubah nama file hasil scan tersebut menjadi NISN_kesehatan.jpg, contoh 0023432345_kesehatan.jpg atau 0023432345_kesehatan.pdf (Upload Data Hanya Sekali)
    2. Surat bantuan pemeliharaan/pengadaan sarana dan prasarana selama mengikuti studi di SMAN 1 Matauli Pandan (Tulis tangan orangtua) : cukup 1 lembar, Ubah nama file upload menjadi NISN_sapra.jpg, contoh 0023432345_sapra.jpg atau 0023432345_sapra.pdf (CONTOH SURAT) (Upload Data Hanya Sekali)
    3. Surat bantuan peningkatan mutu pendidikan selama mengikuti studi di SMAN 1 Matauli Pandan (Tulis tangan orangtua) : cukup 1 lembar, Ubah nama file upload menjadi NISN_pendidikan.jpg, contoh 0023432345_pendidikan.jpg atau 0023432345_pendidikan.pdf (CONTOH SURAT) (Upload Data Hanya Sekali)
    4. Semua surat di scan dan di upload ke web pada formulir (Upload Data Hanya bisa sekali, jadi silahkan dipersiapkan terlebih dahulu), Edit data hanya bisa untuk perbaikan biodata, masing-masing besar file maksimal 200kb, upload dokumen yang diterima adalah dalam bentuk .jpg atau .pdf (Silahkan compress file hasil scan supaya maksimal 200kb, kesalahan penulisan nama file dokumen yang di upload dapat mengakibatkan data kosong, sehingga tidak lulus seleksi administrasi.
  10. Diprioritaskan nilai per mata pelajaran adalah 80.00 dari semester I sampai dengan semester V (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS)
  11. Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru TIDAK DIPUNGUT BIAYA SELEKSI (GRATIS)
  12. Setelah selesai melakukan pendaftaran online, maka panitia akan melakukan seleksi administrasi, bagi pendaftar yang lulus seleksi administrasi, maka pendaftar akan di verifikasi panitia dan dapat mencetak kartu ujian di halaman login setiap pendaftar.
  13. Semua tata cara pendaftaran dan kelengkapan berkas wajib harus sesuai dengan aturan dari panitia, apabila salah satu tidak terpenuhi/tidak sesuai maka panitia berhak untuk membatalkan pendaftaran yang bersangkutan.
  14. Bagi Calon Peserta yang dinyatakan lulus tes, ternyata tidak mendaftar ulang atau tidak jadi masuk ke SMAN 1 Matauli Pandan, maka Calon Peserta wajib mengembalikan biaya seleksi yang telah dikeluarkan oleh panitia Penerimaan Peserta Didik Baru SMAN 1 Matauli Pandan
  15. Semua Peserta yang di nyatakan lulus seleksi administrasi, maka wajib cetak KARTU UJIAN pada login PPDB masing-masing. Pada saat Seleksi Akademik semua Peserta Wajib membawa Kartu Ujian, Asli (Surat Sehat, Tidak Buta Warna, Narkoba), Surat Rencana Bantuan ( Pemeliharaaan SAPRA, Peningkatan Mutu Pendidikan).