Persyaratan Pendaftaran Peserta Didik Baru

 

  1. Berasal dari SMP/MTs Negeri dan Swasta Sederajat di seluruh Indonesia.
  2. Calon pendaftar untuk T.P. 2019/2020 adalah siswa yang berstatus aktif di kelas IX (Sembilan) dan terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional T.P. 2018/2019 atau siswa lulusan sebelum T.P. 2018/2019 yang sudah memiliki Ijazah SMP/MTs Sederajat.
  3. Pendaftar wajib memiliki NISN sesuai yang terdaftar di laman http://nisn.data.kemdikbud.go.id atau di data PDSP, apabila tidak mengisi NISN dengan benar maka panitia berhak membatalkan seluruh pendaftarannya.
  4. Wajib memiliki alamat email aktif yang akan digunakan untuk melakukan aktivasi akun saat pendaftaran online
  5. Mengisi formulir online pada website ini secara lengkap sesuai bukti data yang dimiliki pada menu PENDAFTARAN ONLINE, Sebelum mendaftar online siapkan terlebih dahulu semua persyaratan yang diminta.
  6. Pada waktu mengisi form ONLINE wajib upload foto 3x4cm berwarna, berseragam asal sekolah, dengan resolusi foto 300px, besar file maksimal 250kb, nama file foto diganti sesuai dengan NISN, contoh : 0199342211.jpg, Jika pada formulir verifikasi dan kartu ujian foto anda tidak muncul, berarti belum memenuhi syarat untuk pendaftaran, pastikan nama file foto sudah dirubah dan sesuaikan dengan aturan yang ada.
  7. Sehat Jasmani dan Rohani
  8. Tinggi badan minimal, Laki-laki=160CM, Perempuan=150CM dan akan dilakukan pengukuran tinggi badan saat tes kesamaptaan jasmani
  9. Kelengkapan yang wajib diserahkan kepada panitia pada saat tes seleksi akademik adalah sebagai berikut :
    1. Formulir Pendaftaran Online dengan status SUDAH VERIFIKASI yang sudah dicetak, lengkap di tandatangani dan di tempel pasfoto warna 3x4cm.
    2. Fotocopy Rapor SMP/MTs
    3. Fotocopy Piagam Penghargaan bagi yang memiliki
    4. Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah yang meliputi (tinggi, berat, cacat dan penyakit akut serta tensi darah, tidak buta warna serta sehat jasmani dan rohani).
    5. Surat Keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan Bebas Narkoba.
    6. Surat Keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah yang menerangkan secara medis diijinkan untuk melaksanakan tes kesamaptaan jasmani yang meliputi Samapta A (Lari 12 Menit) Samapta B (Push Up, Sit Up, Pull Up, Shuttle Run)
    7. Surat bantuan pemeliharaan/pengadaan sarana dan prasarana selama mengikuti studi di SMAN 1 Matauli Pandan (Tulis tangan orangtua) : cukup 1 lembar (CONTOH SURAT)
    8. Surat bantuan peningkatan mutu pendidikan selama mengikuti studi di SMAN 1 Matauli Pandan (Tulis tangan orangtua) : cukup 1 lembar (CONTOH SURAT)
    Bagi semua peserta tes seleksi bidang akademik, maka surat keterangan dan kelengkapan diatas wajib diserahkan kepada panitia seleksi pada waktu pelaksanaan tes akademik.
  10. Jalur penerimaan PPDB SMAN 1 Matauli Pandan T.P. 2019/2020 terdiri dari :
    1. Jalur Reguler
    2. Jalur Prestasi (Dibuktikan dengan sertifikat perolehan medali emas, perak atau perunggu pada bidang OSN, O2SN, FLS2N) Wajib Menyerahkan fotocopy bukti prestasi jika ada
    3. Jalur Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (Dibuktikan dengan Kartu PKH), Wajib menyerahkan fotocopy kartu PKH.
    Dari ketiga jalur tersebut, peserta yang dinyatakan lulus tes akademik wajib mengikuti seluruh rangkaian tes lanjutan PPDB SMAN 1 Matauli Pandan.
  11. Setelah selesai melakukan pendaftaran online, panitia akan melakukan verifikasi dan validasi data pendaftaran. Bagi pendaftar yang datanya lengkap sesuai aturan, maka pendaftar akan di verifikasi panitia dan dapat mencetak kartu ujian di halaman login setiap pendaftar.
  12. Semua tata cara pendaftaran dan kelengkapan berkas harus sesuai dengan aturan dari panitia, apabila salah satu tidak terpenuhi/tidak sesuai maka panitia berhak untuk membatalkan pendaftaran yang bersangkutan.
  13. Bagi Calon Peserta yang dinyatakan lulus tes, ternyata tidak mendaftar ulang atau tidak jadi masuk ke SMAN 1 Matauli Pandan, maka Calon Peserta wajib mengembalikan biaya seleksi yang telah dikeluarkan oleh panitia Penerimaan Peserta Didik Baru SMAN 1 Matauli Pandan
  14. Semua Peserta yang di nyatakan lulus verifikasi dan validasi oleh panitia, maka wajib cetak KARTU UJIAN pada login PPDB masing-masing. Pada saat Seleksi Akademik semua Peserta Wajib membawa Kartu Ujian, dan Formulir Pendaftaran.
  15. Pelaksanaan PPDB SMAN 1 Matauli Pandan TIDAK DIPUNGUT BIAYA (GRATIS).